h1

Cara Pasang Ekstra Fan Untuk Mengurangi Overheat di Mesin Jimny/Katana

September 4, 2012

Sobs, udah jadi konsekuensi buat para penggemar MOTUBA (Mobil Tua Bangka) akan banyak muncul ‘kreatifitas’ karena kondisi mesin yang memang sudah udzur. Seperti halnya penggemar mobil SJ410 aka Jimny/Katana. jika para penggunanya dikumpulin semua terus ditanya secara bersama2 apa keluhannya pasti akan serempak menjawab…. ‘mesin cepat panaaaasssss’. apalagi jika nemu jalan macet wuiihhhh pasti jantung berdegup kencang seperti nungguin pacar yang tak kunjung datang.. ciieeeeeeeeeeee!! :mrgreen:

kemaren sebuah email masuk ke meja redaksi ( wkwkwk gayanya spt blog papan atas aja :lol: ) dari sahabat yang juga penggemar jip berkapasitas 1000cc bikinan Suzuki ini. beliau telah mempraktekkan tambahan kipas/fan untuk memberikan pertolongan pertama pada kepanasan, monggo semoga bermanfaat

catatan: bagian kipas radiator harus sedikit dipotong pada bagian yang dekat dengan vanbelt karena pada saat radiator dimundurkan akan mentok mengenai vanbelt tersebut.

oke semoga bermanfaat, dan mesin semakin adeeeeemmmmmm :D

About these ads

25 comments

  1. sip ajib,..


  2. waiki…


  3. jo lali tutup radiator ganti sing anyar sb tutp lawas buasane karet getas, coolant jd rembes or uap air keluar, volume cepet susut, otomatis cepet panas..


    • semua dalam kundisi bagus masbro, mungkin radiatornya yg kudu ganti :D


  4. bikin mesin tambah dingin


  5. gak usah pasang AC…mesti adem…mesine…panas sing numpak…wkwkwkwkwk….namanya mesin jalan+nyalain AC ya tetep aja panas…


  6. kok manual urip e mas… gawe nganggo switt temperatur wae… iso jupuk swit temperatur sing nang manifol banyu


    • itu juga bagus, tapi karena modifikasi takutnya tidak berjalan dengan sempurna, kalo manual bisa di kontrol kapan nyala kapan mematikan :D


  7. kipas tambahannya kaya apa tuh??


    • sama persis dengan kipas diradiator kok mas nganten…. :D


      • jiah…urung2 wis di celuk mas nganten………….padahal bar do TSBLan…xixixixixi


      • ra sah cemburu wkwkwkkwk


  8. kalo untuk suzuki esteem gimana…..???


  9. berapa centi panjang baut 12 nya ?


    • sekedar share, saya pake katana 89, di mobil katana masalah overheat sering terjadi apalagi mobil buluk. Banyak postingan yang menyarankan pemakaian electric fan yang biasanya pakai punya ef karimun, dan memang terbukti mesin jadi adem, sesuai dengan harga ef nya. Tapi kalo yang belum sempet kebeli ef karimun, bisa coba dulu cara saya yang tidak bayak mengeluarkan biaya, hanya sedikit kreatifitas saja. Sebenernya katana saya tidak overheat kalo tidak menyalakan AC, mulanya saya coba pakai kipas visco 7 daun terus radiator dimundurin, lumayan lah anginnya tambah kenceng, tapi tidak berpengaruh ketika AC dinyalakan tetep aja mesin overheat kalo
      didiamkan selama 10 menit dalam keadaan mesin nyala dengan kondisi suhu udara yg lumayan panas di kota lampung ini. Dengan teori sederhana dan pas-pasan yg didapat dari bangku sekolah, saya coba coba merubah posisi fan AC yang nempel di kondensor/radiator AC di majuin +- 5 cm, jadi ada celah antara fan dengan kondensor, jadi prinsipnya angin dari fan langsung nabrak
      kisi2 kondensor, soale kalo fan nempel, angin cuma lewat aja, walhasil katana setelah jalan
      20 km pakai AC hidup, kemudian mobil di
      diamkan diluar garasi kondisi mesin masih
      nyala udara lampung yang panas selama setengah jam indikator suhu mobil cuma
      setengahnya dan tidak bergerak naik lagi,
      saya pikir ini suatu kemajuan yg signifikan.
      Dengan bermodal baud ukuran 10 dengan
      panjang 7cm sebanyak 2 buah, fan AC
      diletakan diantara dudukan tiang grill dengan
      cara membalikan braket fan AC yang nempel
      di kondensor dan ditempel ditiang grill pakai baud ukuran 10, kebetulan di tiang sudah ada lubangnya jadi ga usah ngebor lg, lama pengerjaan kurang lebih 1 jam, tapi hasilnya cukup memuaskan, buat bro yg punya katana/jimny bisa dicoba cara ini, sebelum kebeli ef karimun, kalo kurang jelas bisa hub saya 085368370511, mudah mudahan bermanfaat, salam ……


      • mantappp pak terimakasih
        semoga bermanfaat bagi semuanya :D


      • mudah2an…. cara mudah n murah dr Mr. alex bertahan lama.saya baru selesai mengaplikasi pd SJ 410. ac lebih terasa cepat dingin.saya bikin ganjelan pada ef yg buat ac.ty bro alex


  10. sangat bermanfaat sekali,,terimakasih infonya….


  11. boss tu kipas kondensornya masih tetep kepasang atau tidak ?


  12. mau tanyak lagi kalau ACnya di nyalakan apa masih panas kalau udah pakai fan elektrik


  13. alangkah baiknya sertakan poto_potonya juga pak, agar teman_teman bisa liat gimana hasil modifnya. Terima kasih


  14. hargane, tukune, resiikone



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 203 other followers

%d bloggers like this: